Apa itu Situs Social Bookmarking

Anda pasti sering atau mungkin pernah mendengar istilah social bookmarking, sebagian orang menyingkatnya menjadi sosbok. Tapi tahukah anda apa itu social bookmarking?

situs social bookmarking
Secara definisi menurut Wikipedia, Social bookmarking (Penanda sosial) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online.



Cara kerja social bookmark ini hampir sama dengan bookmark atau markah yang terdapat di browser seperti mozilla atau google chrome, yaitu untuk menyimpan alamat situs atau link sebuah konten. Bedanya jika di browser hanya tersimpan di komputer kita sendiri (lokal) sedangkan pada situs social bookmark alamat situs yang kita simpan dapat di lihat atau di share untuk pengguna internet lain.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para blogger. Dengan adanya situs social bookmark blogger dapat berbagi konten yang ada di blognya sehingga dapat meningkatkan trafik, selain itu juga mendapatkan backlink dari situs social bookmark tersebut.

Memang tidak semua situs social bookmarking ini akan memberikan backlink alias nofollow tapi setidaknya kita bisa mendapat limpahan trafik dari situs tersebut. Beberapa contoh situs jenis ini adalah:

http://www.lintas.me/
http://infogue.com/
http://hasbenyou.com/

Demikian sedikit penjelasan tentang "Apa itu Situs Social Bookmarking", mudah-mudahan anda paham ya... Kalau iya tolong di share ya artikel ini lewat situs sosbok favorit anda :)

Saya akan bagikan daftar situs sosbok lainnya pada artikel yang akan datang. Thanks.

2 komentar:

  1. gan kalo bisa sekalian aja ama list-list nya,,,
    pasti bakalan banyak pengunjung,,

    BalasHapus