Menamai Anak dengan Nama Malaikat, Boleh?

anak nama malaikat
Tidak tahu kenapa hari ini saya kepikiran untuk mencari tahu, bolehkah menamai anak dengan nama malaikat? Soalnya saya sudah menyelipkan nama malaikat diantara nama anak saya. Aduh, kenapa baru sekarang terpikir untuk mencari tahu sih? Bagaimana jadinya jika jawabannya ternyata haram?!


Dalam hati berucap: "Ahh, saya pasrah saja deh soalnya nasi sudah menjadi bubur, semoga tidak ada masalah untuk anak saya dikemudian hari gara-gara nama tersebut. Kata orang tua sih kalau si anak "keberatan nama" bawaannya nangis-nangis terus dan juga sering sakit. Sepertinya anak saya tidak mengalami hal tersebut, sebaliknya nyaman-nyaman saja kesehariannya, tidak terlihat sama sekali kalau dia mengalami "keberatan nama".

Saya memberanikan diri untuk mencari jawaban dengan cara browsing and finally ketemu juga jawabannya. Insya Allah sih tidak salah, soalnya sudah dilengkapi dengan hadist juga. Sumbernya bisa dilihat disini..

Ternyata terjadi perbedaan pendapat di antara ulama mengenai hal ini. Ada yang menyatakan tidak apa, makruh dan juga haram. Hati saya pun sedikit lega dengan jawaban ini. Walau pun sebaiknya sebagai seorang muslim akan lebih baik untuk memilih nama anak yang tidak ada perselisihan didalamnya. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar