Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Cara membuat blog
Jika anda saat ini berniat belajar atau mencari informasi tentang cara membuat blog gratis di blogspot maka anda sudah berada di waktu dan tempat yang tepat, karena memang bahasan saya kali ini adalah mengenai hal tersebut. Blogspot atau blogger.com, salah satu fiturnya adalah pembuatan blog secara gratis dan tidak berbatas jumlah.

Blogspot merupakan salah satu produk dari google, selain Gmail, G+ dan banyak lagi. Sebuah keuntungan tersendiri jika membuat blog melalui blogger, karena ini adalah produk Google tentu membuat blog yang kita buat akan mudah di index oleh mesin pencari Google. Segala fasilitas telah disediakan untuk mendukung hal tersebut.

Syarat Membuat Blog di Blogger.com   

Terus terang tidak ada syarat aneh bin njelimet untuk bisa membuat blog di blogger.com, cukup sebuah akun google karena dengan sebuah akun anda akan bisa mengakses ke seluruh produk yang dimiliki google. Sesuai slogan mereka, “satu akun untuk seluruh Google”

Bila anda belum memiliki akun ini maka silahkan buat dulu disini.

Langkah-langkah Pembuatan Blog:
  • Masuk atau sign in ke blogger disini 
Cara membuat blog gratis

  • Di beranda blogger klik “blog baru”

cara membuat blog gratis di blogspot

  • Akan muncul jendela pop-up seperti gambar berikut:
cara membuat blog

  • Isilah judul blog, alamat blog dan pilih template yang anda inginkan. Selanjutnya klik “Buat blog!”
*Catatan: pada saat anda mengisi alamat blog akan diperiksa terlebih dahulu apakah alamat blog yang anda inginkan tersedia atau tidak. Jika tidak maka ganti dengan alamat lain yang tersedia.
  • Jika sudah sesuai prosedur maka anda akan kembali dibawa ke halaman beranda blogger. Tampilan lebih kurang seperti gambar berikut:
blogger.com

  • Selamat! HomePage blog baru anda sudah jadi.
Oke, sekarang anda sudah memiliki blog sendiri di blogspot tapi belum ada isinya ya. Ibarat buku tulis yang masih kosong, belum ada isi tulisannya. Untuk itu langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengisi blog anda dengan sejumlah artikel.
  • Klik HomePage untuk menuju halaman dashboard blog. Di halaman dashboard inilah anda dapat melakukan banyak hal untuk memodifikasi blog. Mulai dari memposting artikel, page atau laman, merubah layout atau tampilan atau template, sampai melihat statistik trafik pun ada disini. Lengkap!
cara buat blog gratis

Manfaatkan Fungsi HELP!

Jika anda terbentur masalah atau tidak memahami fitur-fitur modifikasi blog tidak perlu khawatir. Blogger.com menyediakan informasi bantuan yang lengkap. Kebingungan itu hal biasa apalagi bagi anda yang baru pertama kali mencoba. Praktekkan terus berulang-ulang, pasti anda akan mahir dengan sendirinya.

Masih bingung? Manfaatkan fungsi help atau bantuan disini.

cara buat blog gratis

Penutup | Keuntungan dan Praktek

Seperti yang saya sebutkan di awal paragraf bahwa blogspot atau blogger.com merupakan salah satu produk dari google. Dengan membuat blog di blogspot keuntungannya yaitu membuat blog anda lebih mudah terindex di google karena semua fitur yang mendukung hal tersebut telah tersedia.

Perlu di catat, terindex bukan berarti pasti muncul di halaman 1 google ya. Terindex hanyalah terdaftar di database google. Untuk urusan rangking dibutuhkan tambahan pengetahuan tentang SEO atau Search Engine Optimizaton.

Oke, informasi tentang cara membuat blog gratis di blogspot sudah saya jabarkan secara lengkap. Sekarang waktunya anda praktekkan langsung. Ingat, salah satu faktor yang membuat seseorang menjadi mahir adalah sering praktek. Semoga membantu. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar